(e-RH) Juni 21 -- MENJADI BERGUNA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 21 Juni 2012
Bacaan : Filemon 1-25
Setahun: Amsal 30-31
Nats: Aku, Paulus, ... mengajukan permintaan kepadamu [Filemon]
mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni
Onesimus. Dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi
sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. (Filemon
9-11)

Judul:

MENJADI BERGUNA

Saya mau punya gerobak yang lebih besar, " kata seorang anak
pemulung ketika ditanya apa cita-citanya. Tampaknya tidak berguna.
Namun, ada orang yang memandang anak-anak ini penuh potensi. Penuh
harapan, mereka mendirikan sekolah gratis, pusat pelatihan
keterampilan kerja, dan rumah baca. Berusaha melebarkan wawasan,
meluaskan cita-cita, membuat anak-anak ini jadi lebih berguna.



Onesimus, yang dibicarakan dalam surat Paulus pernah menjadi seorang
yang tak berguna, bahkan pikirannya yang sempit membuat ia mengambil
jalan pintas yang merugikan sang tuan, dan akhirnya ia meringkuk di
penjara (ayat 10, 11, 18). Namun, Tuhan mempertemukannya dengan
Paulus. Onesimus ditolong mengenal kebenaran dan menjadi orang yang
berguna bagi pekerjaan-Nya (ayat 11, 13). Perhatikan bagaimana
Paulus memandang dan menyebut Onesimus: anakku, berguna, buah
hatiku, saudara yang kekasih (ayat 10-12, 16). Menurut catatan
sejarah, kemungkinan Onesimus membina jemaat Efesus. Bersama
Polikarpus, ia dipakai Tuhan mengumpulkan tulisan-tulisan yang kini
dikenal sebagai Perjanjian Baru. Sesuatu yang tak terbayangkan oleh
Onesimus sebelumnya!



Entah apa yang terlintas di pikiran kita saat melihat orang yang
terbatas cita-cita dan kemampuannya, atau berantakan hidupnya.
Adakah kita melihat mereka sebagai sesama manusia yang diciptakan
menurut gambar Tuhan? Hidup mereka seharusnya mencerminkan kemuliaan
Sang Pencipta. Adakah yang dapat kita lakukan untuk menolong mereka
mewujudkannya? Mungkin Anda sendiri yang merasa tidak berguna. Tuhan
dapat saja memakai Anda sebagai Onesimus berikutnya. --ELS

HIDUP YANG BERGUNA:
HIDUP YANG MENCERMINKAN KEMULIAAN SANG PENCIPTA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-06-21
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/06/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/06/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Filemon+1-25

Filemon 1-25

1 Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari
Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman
sekerja kami
2 dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus,
teman seperjuangan kita dan kepada jemaat di rumahmu:
3 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari
Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
4 Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat
engkau dalam doaku,
5 karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus
dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.
6 Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut
mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara kita untuk
Kristus.
7 Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan,
sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku.
8 Karena itu, sekalipun di dalam Kristus aku mempunyai kebebasan
penuh untuk memerintahkan kepadamu apa yang harus engkau
lakukan,
9 tetapi mengingat kasihmu itu, lebih baik aku memintanya dari
padamu. Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang
dipenjarakan karena Kristus Yesus,
10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat
selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus
11 --dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat
berguna baik bagimu maupun bagiku.
12 Dia kusuruh kembali kepadamu--dia, yaitu buah hatiku--.
13 Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk
melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil,
14 tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu,
supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan
paksa, melainkan dengan sukarela.
15 Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu,
supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya,
16 bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, yaitu
sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi
bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan.
17 Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia
seperti aku sendiri.
18 Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu,
tanggungkanlah semuanya itu kepadaku--
19 aku, Paulus, menjaminnya dengan tulisan tanganku sendiri: Aku
akan membayarnya--agar jangan kukatakan: "Tanggungkanlah
semuanya itu kepadamu!" --karena engkau berhutang padaku, yaitu
dirimu sendiri.
20 Ya saudaraku, semoga engkau berguna bagiku di dalam Tuhan:
Hiburkanlah hatiku di dalam Kristus!
21 Dengan percaya kepada ketaatanmu, kutuliskan ini kepadamu. Aku
tahu, lebih dari pada permintaanku ini akan kaulakukan.
22 Dalam pada itu bersedialah juga memberi tumpangan kepadaku,
karena aku harap oleh doamu aku akan dikembalikan kepadamu.
23 Salam kepadamu dari Epafras, temanku sepenjara karena Kristus
Yesus,
24 dan dari Markus, Aristarkhus, Demas dan Lukas, teman-teman
sekerjaku.
25 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai roh kamu!

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Amsal+30-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Amsal+30-31


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Tidak ada komentar: